Dalam podcast Trending Tech terbaru, kami membahas harapan di IoT untuk keamanan yang ditingkatkan dan operasi dengan biaya lebih rendah dan lebih efisien. Peran apa yang akan dimainkan oleh eSIM, iSIM, penyediaan SIM jarak jauh, dan manajemen langganan? Dan untuk memberi tahu kami siapa yang mengadopsi teknologi dan alasannya, kami memiliki masukan ahli dari Loic Bonvarlet dari IoT security enabler Kigen, dan Matt Hatton dari analis Transforma Insights.
Berlangganan untuk mendapatkan pembaruan Podcast
Jeremy Cowan 00:04
Hai, dan selamat datang di yang terbaru Teknologi Tren podcast dipersembahkan oleh IoT-Sekarang.com, VanillaPlus dan Perusahaan yang Berkembang. Nama saya Jeremy Cowan dan saya salah satu pendiri ketiga situs teknologi ini. Hari ini, pod mengambil format yang berbeda; Saya ingin Anda membayangkan kami berbagi obrolan di perapian tanpa asap, menikmati minuman pilihan kami, bahkan jika kami benar-benar didistribusikan ke seluruh Eropa, sambil minum kopi. Inilah kekuatan podcast.
Sponsor kami hari ini adalah Kigen, sebuah perusahaan yang menggambarkan dirinya sebagai "mengamankan konektivitas menjadi sederhana". Pada dasarnya, Kigen memungkinkan bisnis untuk mengembangkan Internet of Things mereka dengan cepat dengan mengintegrasikan kepercayaan dan keamanan melalui teknologi SIM, eSIM, dan iSIM. Kigen muncul sebagai hasil inkubasi dan investasi setelah diakuisisi pada tahun 2017 oleh ARM Holdings dari pionir eSIM Lab Kesamaan, yang dimulai pada tahun 2009. Langkah selanjutnya adalah Kigen UK Ltd, yang akan dipintal menjadi perusahaan yang baru dibuat pada tahun 2020. Dan secara resmi dipisahkan dari ARM pada tahun 2021. Jadi, misi Kigen adalah mendorong eSIM dan iSIM menjadi landasan keamanan IoT. Dan untuk menjelaskan kerumitan dari sesuatu yang terdengar sederhana, saya dengan senang hati memperkenalkan tamu pertama dari dua tamu kami hari ini, Loic Bonvarlet, yang merupakan wakil presiden Pemasaran Produk Kigen. Dia adalah seorang profesional IoT, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, termasuk 10 tahun di AS, memegang peran senior dalam Pemasaran Produk, Penjualan Teknis, Rekayasa Aplikasi dan Penelitian dan Pengembangan. Loic, selamat datang di Teknologi Tren podcast.
Loic Bonvarlet 02:04
Hai, Jeremy. Sangat senang berada di sini.
Jeremy Cowan 02:06
Senang memiliki Anda di sana. Dan selalu menyenangkan untuk menyambut Matt Hatton kembali ke podcast. Matt adalah komentator dan pakar industri teknologi yang disegani, juga dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di garis depan penelitian teknologi. Dan dalam kasusnya, konsultasi. Melalui karyanya di Wawasan transformasi, sebuah firma riset yang ia dirikan bersama, ia dikenal sebagai pemimpin pemikiran dalam Internet of Things dan transformasi digital. Selamat datang, Mat.
Matt Hatton 02:35
Terima kasih, Jeremy. Dan saya akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi tagihan itu.
Jeremy Cowan 02:40
Tidak masalah bagimu, aku tahu. Tuan-tuan, mari kita langsung ke pembahasan. Kami akan fokus pada bagian-bagian yang baru Laporan Teknologi Trending, yang dapat diunduh oleh pendengar secara gratis di trendingtech.io . Judulnya 'Apakah e-sim akan mengaktifkan keamanan IoT dalam skala besar? Matt, aku akan datang kepadamu dulu, jika boleh. Secara umum, apa yang terjadi dengan eSIM, iSIM, dan variannya, bersama dengan penyediaan sim jarak jauh โ atau RSP dalam jargon yang tak terhindarkan โ manajemen langganan dan sebagainya? Siapa yang mengadopsinya dan mengapa?
Matt Hatton 03:19
Anda harus memiliki akronim tiga huruf, bukan Jeremy, untuk hampir semua hal. Ya. eSIM, okeโฆ Jadi, teknologinya kurang lebih ada di sana. Saya pikir masih ada beberapa perdebatan tentang ada beberapa varian eSIM; satu, sebagian besar ditujukan untuk konsumen yang sebagian besar ditujukan untuk M2M (komunikasi mesin-ke-mesin), ada sedikit diskusi di industri IoT tentang kemungkinan menggunakan konsumen untuk IoT, juga. Dan itu adalah topik yang mungkin akan kita bahas kembali. Tapi seolah-olah, teknologinya ada di sana, dan sudah ada di sana selama beberapa tahun. Anda tahu, kami telah melihat RFP dari sejumlah besar sektor berbeda yang dikeluarkan dengan persyaratan eSIM untuk manajemen jarak jauh kontrol over-the-air untuk pertukaran IMSI, dan sebagainya. Jadi, sebenarnya bukan hal baru. Tapi saya pikir percakapan telah berlanjut ke satu tentang realitas komersial saat ini, daripada harus, apakah teknologinya berfungsi, meskipun mungkin masih ada beberapa diskusi di sana. Tapi masalahnya, itu tidak pernah benar-benar digunakan, terutama dalam kemarahan, haruskah kita katakan? Sudah cukup banyak digunakan untuk bootstrap, Anda tahu, untuk mengatur profil awal itu, sangat berguna untuk efisiensi rantai pasokan dan sebagainya, tetapi tidak benar-benar untuk memindahkan armada besar perangkat dari satu operator ke operator lain. Dan saya pikir realitas komersial adalah bahwa mungkin operator jaringan masih mengatasi beberapa masalah komersial dan operasional yang terkait dengannya; menyerahkan koneksi ke operator di pasar lain, atau bagaimana Anda terus mengelolanya di platform Anda? Apa yang Anda lakukan dengan itu? Itu masih tetap menjadi masalah.
Untuk siapa itu bukan masalah adalah MVNO. Dan Anda melihat banyak operator jaringan virtual, benar-benar merangkul ini sebagai teknologi dan hampir memposisikan diri mereka sebagai penyedia eSIM dengan cara yang lucu. Jadi, kami melihat dorongan yang cukup aktif dari banyak MVNO karena, bagi mereka, ini tentang beralih di antara profil operator yang berbeda yang sudah memiliki hubungan komersial dengan mereka. Jadi, bagi mereka, itu lebih masuk akal. Jadi, kita cenderung melihatnya lebih fokus seperti yang saya lihat dari sisi MVNO, daripada sisi operator jaringan.
Jeremy Cowan 05:42
Loic, apa yang akan Anda tambahkan ke dalamnya? Maksud saya, saya tahu khususnya telah terjadi perpindahan ke pengukuran cerdas. Apa lagi yang ingin Anda jelajahi saat ini?
Loic Bonvarlet 05:51
Ya. Jadi awalnya, saya akan mengatakan secara historis, industri otomotif telah menjadi pendorong besar untuk itu. Tetapi dengan persyaratan bahwa OEM ingin benar-benar mengontrol konektivitas mereka, berintegrasi dengan semua pemasok konektivitas mereka, dan itu cukup berat, dan dalam beberapa hal, masih, kan? Tapi menurut saya poin dari Matt tentang MVNO, menurut saya cukup menarik. Dan saya dapat melihat dengan jelas bahwa daya tarik ketika kami menjual ISP ke MVNO, dan kami memiliki beberapa dari mereka sebagai pelanggan benar-benar keinginan untuk menyederhanakan sedikit pengelolaan semua opsi konektivitas mereka yang berbeda. Sampai sekarang banyak dari mereka berjuang dengan platform multi-IMSI berpemilik, dengan platform OTA untuk beralih antara profil dan IMSI, dll. Dan semakin banyak Anda memiliki refleksi untuk dikatakan sebagai agregator, bagaimana cara mengumpulkan semua profil ini cara yang tahan masa depan? Benar. Dan kami percaya bahwa eSIM, dalam pengertian itu, memungkinkan untuk tidak hanya mengelola, Anda tahu, konfigurasi peralihan IMSI, dll., tetapi juga mengelola seluruh profil, bukan? Dan pada akhirnya, bukti masa depan jika akuisisi Anda berubah dalam portofolio konektivitas, dll.
Poin lain yang ingin saya sampaikan adalah untuk mengatakan juga bahwa salah satu kesulitan dalam menumbuhkan pasar eSIM adalah fakta bahwa masih ada beberapa hak angkat berat yang harus dilakukan ketika Anda berintegrasi di tingkat perangkat. Dan gerakan lain yang mulai kami lihat adalah para pembuat modul, mulai melihat manfaat menggabungkan konektivitas ke dalam penawaran. Anda memiliki pelopor Sierra Wireless, yang bekerja sama dengan kami terutama di eSIM, yang telah mendorong model ini sangat jauh. Tapi sekarang saya pikir semakin banyak pembuat modul melihat bahwa tekanan pada ASP pada perangkat keras sangat tinggi, bukan. Dan memanggang dalam konektivitas langsung dari awal masuk ke produk mereka, masuk akal, tidak hanya untuk menyederhanakan pengadopsi untuk beralih ke seluler, tetapi juga benar-benar untuk meningkatkan peluang jangka panjang, menurut saya, untuk menjangkau pengembang sebelumnya. Seluler bukan untuk saya, karena jika saya pergi ke itu adalah MNO besar, tidak ada kesempatan yang akan pernah mendapatkan jawaban atau bahkan kartu SIM yang tepat untuk memulai. Dan orang-orang seperti Anda tahu, Hologram, seperti pemain ini akan menggabungkan konektivitas dan perangkat keras sudah mulai menangani ekor panjang seluler ini yang bagi saya adalah apa yang akan mendorong masa depan, Anda tahu, aplikasi dan inovasi karena kami akan memiliki beberapa perusahaan yang sukses di antara para pengembang ini.
Jeremy Cowan 08:43
Matt, apakah Anda memiliki beberapa pemikiran tentang itu?
Matt Hatton 08:44
Ya tentu. Dan saya pikir ide OEM ini, OEM perangkat keras sebagai pendorong adopsi konektivitas adalah hal yang menarik. Karena kami telah memiliki selama bertahun-tahun, selama beberapa dekade, konsep seperti ini dari pabrikan perangkat keras seperti Sierra Wireless atau apa pun, sebagai toko serba ada. Oke, toko serba ada. Itu dia. Itu prinsip yang bagus. Tetapi kenyataannya adalah, jika Anda membeli kedua barang Anda dari satu, satu vendor tanpa alasan lain sehingga mereka menjual keduanya, Anda mungkin akan membayar lebih mahal untuk keduanya. Oke, itu akan sedikit lebih nyaman, tetapi Anda akan membayar sedikit lebih banyak untuk keduanya. Tapi saya pikir ada perubahan dalam industri dalam satu atau dua tahun terakhir, yang membuat kombinasi perangkat keras dan konektivitas itu sedikit lebih penting, dan sedikit lebih relevan. Dan Anda harus melakukan lebih banyak pengoptimalan perangkat agar sesuai dengan jaringan, terutama dengan diperkenalkannya beberapa teknologi berdaya rendah, jadi NB-IoT dan LTE-M dan Anda melihat lebih banyak persyaratan untuk pengoptimalan itu di sana dibandingkan dengan ... OK, di dunia 2G Anda memasukkan SIM apa pun di perangkat apa pun, Docker, jaringan apa pun di dunia, dan itu kurang lebih berfungsi dengan jenis kemampuan yang hampir sama. Tapi itu tidak lagi terjadi, Anda memiliki jaringan yang berbeda yang bekerja dengan kemampuan yang berbeda. Dan sebenarnya ada lebih banyak persyaratan untuk mengoptimalkan itu. Dan juga, konsep menjadi semacam platform yang siap, saya kira kita melihatnya dari Verizon dan Telefonica dan beberapa lainnya, di mana ada berbagai perangkat yang mereka keluarkan di pasar yang sudah disetel dan siap untuk terhubung langsung ke platform mereka yang dioptimalkan untuk itu. Jadi, saya menemukan bahwa ada lebih banyak persyaratan untuk integrasi melalui tumpukan, hanya untuk mengoptimalkan pengalaman bagi pengguna daripada sekadar lebih mudah untuk membeli.
Jeremy Cowan 10:44
Matt, satu, saya ingin Anda pindah ke area lain, dapatkah kita menelusuri penggunaan elemen aman sebagai rute kepercayaan, termasuk beberapa diskusi seputar IoT SAFE? Mungkin Anda bisa membongkarnya sedikit? Dan, secara singkat, dapatkah Anda mengatur ini dalam konteks keamanan IoT yang lebih luas?
Matt Hatton 11:04
Ya, tentu saja. Saya pikir Loic lebih ahli di tempat khusus ini daripada saya, tetapi saya dapat menawarkan beberapa komentar pertama. Jadi, ide dengan IoT SAFE adalah untuk menyediakan mekanisme untuk keamanan lapisan Transport, tetapi dengan cara tanpa koneksi. Oke? Sekarang, izinkan saya membongkarnya sedikit. IoT menyukai arsitektur tanpa koneksi, oke. Jadi, Anda tidak perlu menjalin jabat tangan antara satu perangkat dan server back-end untuk bertukar data, itu suka hanya untuk mengirim. Dan dengan IoT SAFE, Anda dapat menggunakan SIM sebagai mekanisme untuk menerapkan keamanan ujung ke ujung untuk pengiriman dan penerimaan data tanpa memerlukan arsitektur berorientasi koneksi. Jadi, itu benar-benar itu. Ini menetapkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan oleh karena itu, kepercayaan pada konektivitas seluler, dan khususnya IoT, konektivitas seluler. Loic, Anda mungkin bisa menjelaskannya sedikit lebih mendalam dan lebih baik dari saya, tapi saya melihatnya seperti itu.
Loic Bonvarlet 12:16
Ya, tidak, terima kasih untuk intronya, Matt. Saya pikir, dan saya melihat ke belakang dalam sejarah, ketika saya memulai karir saya di IoT di tahun 2000-an, bukan? Mengidentifikasi perangkat berhubungan langsung dengan beberapa aspek manufaktur, nomor seri atau IEI dari penyedia telekomunikasi perangkat, atau IMSI dari penyedia telekomunikasi, dan pada dasarnya memberikan ID agak publik untuk mengidentifikasi perangkat Anda dan menerimanya ke Anda larutan. Dan sekarang, saya pikir semua orang melihat kekurangannya, dalam arti bahwa ya, siapa pun dapat mengetahui bahwa itu bahkan pada barcode, dll. Dan itu relatif mudah, menurut saya, untuk menambahkan perangkat untuk mengakses ekosistem dan untuk mengakses bagian belakang dan berpotensi melakukan hal-hal jahat. Benar?
Jadi, seperti yang kita lakukan di internet di mana, saya pikir sekarang, di ruang ini, dari, Anda tahu, sangat profesional di bidang teknologi, kita semua sangat percaya diri dalam proses keamanan internet untuk kehidupan sehari-hari, membeli barang, dll. IoT AMAN secara efektif memberikan ketenangan pikiran yang sama untuk mengamankan sesi antara perangkat dan server back-end melalui apa yang kami sebut, TLS, lapisan transport untuk keamanan. Jadi, ini memungkinkan kami untuk memberikan satu set kunci pribadi ke perangkat yang terdiversifikasi secara unik dengan cara yang sangat mirip dengan bagaimana semua orang bergantung pada keamanan ponsel dan SIM mereka untuk mengidentifikasi ke jaringan. Dan saya harus mengatakan bahwa industri ini memiliki rekam jejak yang cukup baik untuk mengatakan tidak ada pelanggaran besar di seluler, selain mungkin dengan cara yang sangat konsekuen, Anda tahu, penyelidikan dan mata-mata secara efektif. Tetapi untuk operasi sehari-hari, maksud saya, orang-orang percaya bahwa percakapan mereka bersifat pribadi, dll. Dan itu memperluas konsep ini ke aplikasi, benar, aplikasi itu benar-benar tertinggal dalam hal keamanan. Dan sekarang, kami mencoba untuk benar-benar menerapkan mengejar ketinggalan untuk mengatakan kami memiliki tingkat keamanan yang sama untuk aplikasi dan mengangkut data dengan aman dari perangkat sampai ke back office server Anda di mana Anda akan memproses data ini. Jadi itu jenis evolusi yang saya lihat sangat mirip dengan aplikasi.
Jeremy Cowan 14:47
Tetap bersama Anda Loic, dapatkah kita berbicara sedikit tentang gangguan rantai pasokan di ruang SIM, mencoba mendekati OEM dan kendala pembuat perangkat. Apa yang Anda katakan untuk itu?
Loic Bonvarlet 14:59
Ya, jadi itu adalah sesuatu yang juga telah kami lihat, dan kami mencoba untuk mengaktifkan, Anda tahu, dalam arti bahwa hingga saat ini, rantai pasokan SIM adalah aliran yang benar-benar berbeda dari perangkat keras, rantai pasokan, kan. Dan masalahnya adalah Anda menciptakan gesekan secara efektif, dalam arti sebagai pembuat perangkat pertama, kemungkinan besar, jika saya pendatang baru, saya tidak memiliki keahlian dalam arus telekomunikasi ini, ketika saya belum selesai seluler sendiri sebelumnya. Jadi, untuk menemukan cara untuk memperkenalkan, katakanlah, kendala telekomunikasi dan seluler ke dalam manufaktur saya, ke dalam langkah-langkah berbeda untuk merilis perangkat ke lapangan agak rumit, bukan. Dan untuk industri lama tidak masalah, semuanya terkendali. Tapi untuk orang baru, itu bagian dari gesekan yang mungkin menahan mereka untuk beralih ke seluler. Jadi, apa yang kami coba capai sebagai Kigen benar-benar, terutama dengan operator besar seperti Vodafone dan AT&T, untuk meyakinkan mereka bahwa mereka harus bekerja dengan ruang OEM untuk menumbuhkan pasar agar lebih mudah beralih ke seluler. Dan itu datang dengan mempertimbangkan kendala, yah, perangkat saya harus sangat kecil, perangkat saya harus sangat hemat daya โ dan saya yakin Matt dapat berbicara banyak dengan lima P yang telah mereka identifikasi di sana โ tetapi untuk mengatakan, bagaimana SIM masuk ke dalam batasan itu? Dan bagaimana itu dimasukkan ke dalam rantai manufaktur perangkat, mungkin masih dengan SIM plastik, mungkin dengan eSIM, mungkin SIM terintegrasi, karena sekali lagi, kendala daya, ukuran, dll. Tapi ini adalah pilihan bahwa industri telekomunikasi, dan sebagai enabler di Kigen, kami dapat membantu OEM melakukan dan menemukan solusi terbaik untuk perangkat mereka, bukan? Tidak ada lagi SIM satu ukuran untuk semua untuk pembuat perangkat. Dan Kigen mampu memberikan konektivitas ke OEM ini dalam faktor bentuk yang tepat untuk mereka yang kami coba dorong, dan yang sebenarnya kami lihat dengan beberapa inisiatif.
Jeremy Cowan 17:08
Menarik. Matt, Loic telah mengacu pada lima P yang telah Anda identifikasi. Bisakah Anda menguraikan sedikit tentang itu, karena tidak semua orang akan membaca laporannya. Dan mudah-mudahan, mereka akan melakukannya, setelah mendengarkan Anda.
Matt Hatton 17:19
saya memang bisa. Jadi lima P adalah hal-hal yang kami lihat sebagai penghambat IoT dan batasan yang harus dimiliki oleh siapa pun yang mengembangkan solusi IoT, dan mereka adalah: Daya, akses ke daya, Anda memiliki banyak perangkat atau banyak potensi perangkat yang mungkin tidak memiliki akses langsung ke daya listrik, dan oleh karena itu Anda ingin perangkat tersebut ditenagai baterai. Jadi, menjaga konsumsi daya tetap rendah, jelas memperpanjang masa pakai baterai, dan itu adalah keuntungan besar.
Pengolahan. Jadi, pemrosesan yang tersedia di perangkat.
Tempat, yaitu lokasi geografis di mana mereka mungkin berada.
Harga, karena Anda ingin mencapai titik harga serendah mungkin.
Dan apa yang telah kami gambarkan sebagai Proporsi. Saya ingin menekan P lain, jadi saya harus mencari kata lain untuk menyesuaikan dengan ukurannya, tetapi proporsi tampaknya menjadi yang paling tepat. Jadi, terkadang Anda harus menyesuaikan kemampuan Anda dengan tapak tertentu pada perangkat. Dan semua hal ini adalah batasan yang perlu diatasi. Dan, biasanya, ini adalah trade-off di antara mereka. Tetapi pengenalan semua berbagai alat baru yang berbeda ini seperti eSIM, iSIM, teknologi Low Power Wide Area, protokol khusus IoT, ada banyak hal yang terjadi, yang menghilangkan atau mengurangi beberapa kendala tersebut. Dan itu khususnya menurut saya, relevan dalam konteks harga. Karena jika kita ingin mencapai miliaran perangkat yang terhubung, kita perlu melakukannya dengan harga serendah mungkin. Dan itu menunjuk pada hal-hal seperti menggunakan teknologi berdaya rendah, karena chipset biasanya lebih murah, menggunakan sesuatu iSIM, karena kenyataannya akan lebih murah, karena tertanam. Ini juga akan menjadi konsumsi daya yang lebih rendah, dan sebagainya. Dan sering kali kami memikirkan semua berbagai pertukaran antara elemen yang berbeda dan teknologi baru dan bagaimana pengaruhnya terhadap hal itu.
Jeremy Cowan 19:34
Loic, apakah ada yang ingin Anda tambahkan pada apa yang telah digariskan Matt?
Loic Bonvarlet 19:37
Ya. Jadi mungkin kembali ke rantai pasokan berubah dengan benar. Berarti juga lho, hak Enclave Aman ini lebih banyak tersedia karena integrasinya. Jadi sekarang Anda memiliki lebih banyak perangkat atau modul yang efektif de facto memiliki SAFE yang merupakan bagian dari perangkat keras, benar, yang tidak sepenuhnya bergantung pada, katakanlah, penyedia konektivitas. Dan itu juga revolusi lainnya, kami coba dukung. Dan sampai batas tertentu, Enklave Aman ini dapat digunakan untuk autentikasi telekomunikasi, yang merupakan penggunaan utama, tetapi untuk aplikasi, jadi kami memiliki aplikasi aman IoT, yang merupakan autentikasi chip-ke-cloud.
Anda juga dapat, jika Anda mendorong sedikit lebih jauh, memiliki lebih banyak kemampuan untuk memproses secara lokal, bukan. Anda akan menerima sejumlah data secara lokal dan untuk mengurangi Anda juga jejak konsumsi daya, jejak lingkungan, dll., Anda ingin melakukan lebih banyak dan lebih banyak pemrosesan lokal, yang berarti bahwa perusahaan semakin banyak menghabiskan upaya menerapkan pengetahuan mereka, mereka pengetahuan tentang data yang dikumpulkan di lapangan di tepi, kanan. Jadi Enklave Aman ini, kemampuan akar kepercayaan ini juga dapat digunakan untuk mengamankan data secara lokal, untuk memprosesnya dengan benar, dan untuk melindungi IP dan pengetahuan perusahaan-perusahaan ini. Dan itu adalah sesuatu yang sering kami kerjakan dengan perusahaan seperti Edge Impulse atau pemain di spesialis AI dan ML untuk dijelajahi sejak awal dalam kerangka kerja mereka, Enklave Aman semacam ini dan kemampuan akar kepercayaan.
Matt Hatton 21:19
Itu kesimpulan yang sangat menarik. Karena jelas kebangkitan edge computing adalah salah satu tren utama yang memengaruhi IoT, menempatkan lebih banyak kemampuan, lebih banyak pemrosesan, pada perangkat edge, yang pemrosesan adalah salah satu dari Ps kami. Tapi mungkin Anda menukar memiliki lebih banyak pemrosesan dengan imbalan memiliki koneksi bandwidth yang lebih rendah, dan karena itu memperpanjang masa pakai baterai, Anda tahu, ada semua trade-off ini. Tetapi jika Anda melakukan lebih banyak pemrosesan pada perangkat edge, Anda tidak hanya mengirim aliran data, Anda juga memasukkan, seperti yang Anda katakan, beberapa IP ke perangkat edge (kekayaan intelektual, bukan protokol internet, dalam hal ini kita perlu memilah IP kita, dalam hal ini) tapi ya, meletakkan beberapa IP Anda ke perangkat edge itu cukup penting. Jadi, saya menemukan bahwa daerah yang menarik.
Jeremy Cowan 22:09
Matt, bisakah kita mundur sejenak dan memperluas ini? Mari kita lihat gambaran yang lebih besar dari strategi IoT penyedia layanan dan pendekatan yang berubah. Wawasan Transforma punya yang baru Laporan pembandingan CSP IoT jatuh tempo pada akhir bulan ini. Tanpa memberikan spoiler besar, sorotan apa yang dapat Anda bagikan dari itu?
Matt Hatton 22:33
Ya, itu salah satu laporan tentpole kami untuk tahun ini adalah Laporan pembandingan CSP IoT. Dan faktanya, sedikit plug, kami memiliki webinar gratis pada tanggal 9 November yang dapat dihadiri siapa saja. Lihat di website kami. Highlight? Sebenarnya, saya akan kembali ke sesuatu yang saya tulis, yang memberikan beberapa konteks. Kami menerbitkan laporan tentang sesuatu yang kami sebut "$1 IoT". Oke, jadi konsep bahwa pendapatan dari seluler atau pengeluaran untuk konektivitas IoT seluler sedang tren menuju $1 per tahun. Dan saya pikir kita sudah melihat sesuatu yang mendekati itu di China. Jika Anda melihat penambahan internet untuk banyak operator, itu mengarah ke sana. Maksud saya, kami memiliki sekitar $1 per bulan untuk sebagian besar operator saat ini, tetapi mungkin menuju $1 per tahun. Dan jika itu adalah skenario yang kita lihat, tetapi tentu saja sebagian besar dari basis itu, akan berada pada level seperti itu, apa implikasinya untuk itu? Dan itu benar-benar fokus dari laporan ini.
Sekarang, jelas, sampai batas tertentu, ini adalah berita buruk. Tapi sampai batas tertentu itu juga kabar baik, karena membuka peluang penggunaan seluler untuk berbagai macam teknologi baru. Tapi sedikit fokus pada yang buruk. Pertanyaannya adalah, apa yang Anda lakukan sebagai operator jaringan, sebagai penyedia layanan komunikasi, sebagai MNO atau MVNO, untuk memitigasi ini? Dan ada beberapa pendekatan yang dicoba dan diuji seperti konsolidasi, yang kami lihat beberapa di ruang MVNO, tapi itu tidak akan pernah terjadi di ruang operator jaringan, Anda tahu. IoT adalah 1 hingga 2 persen dari pendapatan, Anda tidak akan pernah melihat konsolidasi operator di balik potensi penurunan margin dalam konektivitas IoT seluler. Tapi apa yang mungkin Anda lihat dari mereka adalah perubahan taktik dengan cara lain.
Salah satunya adalah orang yang dipercaya naik ke tumpukan, yang dibicarakan semua orang, oke. Jual lebih banyak solusi vertikal, masuk ke otomotif, dan ritel, dan utilitas dan masuk ke semua sektor vertikal ini, yang semuanya sangat baik, jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Dan maksud saya, jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena secara efektif, kecuali Anda memiliki semacam pembeda di ruang itu, Anda hanyalah penyedia lain dan dapatkah Anda benar-benar berharap mendapatkan pangsa pasar yang signifikan? Ini sulit untuk dipecahkan, tetapi Anda dapat melihat mengapa saran itu diberikan karena 50% hingga 80% dari pendapatan solusi apa pun ada di ruang layanan itu. Tapi, seperti yang saya katakan, itu hanya benar-benar layak jika Anda memiliki pembeda melalui akuisisi atau hanya melalui beberapa warisan yang dimiliki perusahaan tertentu. Jadi, misalnya, Verizon pergi keluar dan membeli segudang perusahaan manajemen armada beberapa tahun yang lalu, dan oleh karena itu didirikan hak untuk bermain di ruang itu. Dan Anda punya orang lain seperti Telefonica di ritel, mereka selalu memiliki kehadiran ritel bahkan sejak tahun 1960-an, di mana mereka menjual muzak yang dialirkan ke toko-toko. Jadi mereka sudah ada di ruang itu untuk sementara waktu. Tapi itu sedikit dan jarang. Namun ada pendekatan lain, yang kami sebut konektivitas IoT skala besar, yang melibatkan banyak hal yang pada dasarnya ditujukan untuk memiliki seperangkat platform dan struktur internal, dan seterusnya, yang sesuai untuk mendukung orientasi berbiaya rendah, berbiaya rendah dukungan sentuh untuk perangkat, dan seterusnya, untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat diskalakan secara efektif. Itu melibatkan hal-hal seperti bekerja sangat erat dengan hyperscaler cloud, dan melibatkan pengaturan rumah mereka sendiri dalam hal bagaimana mereka terstruktur dan mengatur seperti apa platform perangkat lunak mereka, dan sebagainya. Dan itulah fokus laporan ini; seberapa baik yang telah mereka lakukan baik dalam membangun kredibilitas vertikal dalam solusi tersebut, atau membangun kredibilitas mereka sebagai penyedia konektivitas IoT hyperscale dan bekerja menuju fungsionalitas semacam itu? Belum ada seorang pun di sana, tetapi semua orang membuat kemajuan yang cukup bagus menuju tujuan akhir.
Jeremy Cowan 26:45
Loic, apa yang akan Anda tambahkan ke pengamatan itu?
Loic Bonvarlet 26:48
Ya, dan saya pikir itu poin yang bagus, Matt. Menaikkan tumpukan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Dan saya telah melihatnya dalam karir saya tahun 2000 hingga 2010, benar, untuk melihat semua MNO ini meminta solusi turnkey. Dan secara efektif jika Anda tidak mendapatkan pemain yang bereputasi baik secara vertikal, ini sangat, sangat sulit untuk dicapai, karena tenaga penjualan dan staf tersebut tidak terbiasa menjual solusi dan semua kesulitan IoT, mereka harus menyelesaikan sendiri dan mereka tidak siap untuk itu, kan? Jadi, saya setuju menaikkan tumpukan bekerja dengan baik dengan akuisisi. Saya bisa mengutip mungkin juga Vodafone dengan otomotif kobra, Misalnya. Dan mereka telah mencapai kesuksesan tertentu melalui jenis inisiatif ini.
Sekarang, pada titik hyper scaler, saya sangat setuju, kan. Mengurangi titik biaya platform ke armada onboard, meskipun jumlahnya kecil, adalah kunci keberhasilan, bukan. Jadi, konsep seperti penyediaan tanpa sentuhan, konsep, seperti saya dapat membeli dalam modul distribusi yang siap terhubung dengan kredensial yang dapat diterapkan ke akun AWS IoT saya, atau akun Azure IoT saya, terlepas dari hyperscaler yang saya pilih dan bekerja sangat, sangat dekat dengan orang-orang yang akan memungkinkan ekor panjang yang tepat adalah kunci sukses. Dan jika MNO atau pemasok konektivitas pada umumnya, tidak bekerja secara substansial pada penyederhanaan. Tidak ada uang dengan 1 dolar per tahun untuk dibuat, bukan? Karena poin biayanya masih terlalu berat. Jadi itu, saya pikir, sangat, sangat penting untuk benar-benar melihat hal itu, dan benar-benar memikirkan kemudahan orientasi dan memberi pengembang sensasi kebebasan, benar, kemudahan untuk kemudian membuat mereka mengembangkan dan menempatkan teknologi di lapangan dan akhirnya berkata, 'Tidak, saya perlu meningkatkan dan saya perlu mencapai MNO besar ini. Dan saya punya kasus nyata'. Dan mungkin MNO mitra tahap awal juga dapat menunjukkan bahwa karena kepercayaan ini, benar-benar membangun, di awal, menyentuh sedikit nilai kasus penggunaan akhir daripada sekadar konektivitas murni. Tetapi mereka harus membuatnya lebih sederhana di awal, saya pikir dan kami telah melakukan beberapa pekerjaan dengan AWS, di IoT misalnya, menjadi sangat konkret untuk mengatakan Anda ingin memiliki akun AWS IoT, Anda ingin menerapkan perangkat di AWS IoT, ini dia. Siapkan modul yang siap untuk terhubung dengan IoT SAFE yang disematkan dan lampirkan ID tersebut ke akun Anda dan Anda selesai dalam beberapa menit, daripada berdiskusi selama berminggu-minggu.
Matt Hatton 29:42
Saya pikir ini adalah masalah menyesuaikan saluran, harga, semua elemen yang berbeda ini dengan cara yang diinginkan pelanggan untuk membeli. Dalam beberapa kasus yang Anda inginkan adalah proyek konsultasi angkat berat yang konektivitasnya merupakan bagian kecil. Dan Anda tahu, banyak operator yang memiliki perangkat integrasi sistem, mereka semua mampu memberikan solusi Kota Cerdas yang lengkap, misalnya. Dan mereka akan menyertakan beberapa konektivitas seluler sebagai bagian dari itu. Dan jelas, ada nilai luar biasa di dalamnya. Dan sungguh, bagian konektivitas adalah sebagian kecil darinya. Jadi Anda dapat melakukan pendekatan jenis penjualan yang sangat berat dan konsultatif untuk itu. Dan kemudian di ujung lain spektrum, Anda memiliki seseorang yang hanya menginginkan beberapa kartu SIM, dan di sana Anda melihat saluran online, Anda sedang melihat pengurangan titik sentuh di mana-mana di sepanjang spektrum. Dan kemudian di antara keduanya, Anda mendapatkan konsep yang saya sebut sebagai pengetahuan sebagai layanan. Ini memungkinkan sedikit peningkatan ekstra dalam pendapatan yang terkait dengan itu, saya kira, karena apa yang Anda lakukan adalah Anda membayar untuk keahlian, pengetahuan tentang cara Anda menerapkan IoT, bagaimana Anda menjalankannya. Bukan hanya, saya ingin membeli beberapa data, saya juga butuh sedikit bantuan. Tapi itu bukan pekerjaan berat ini, konsultasi di ujung lain spektrum. Dan saya pikir banyak operator yang memiliki kemampuan itu, beberapa MVNO juga memiliki kemampuan seperti itu. Dan Anda harus menyesuaikan saluran dan pendekatan Anda, bahkan platform dan sistem yang Anda gunakan, bergantung pada jenis pelanggan yang Anda tuju.
Jeremy Cowan 31:31
Jelas, Anda berdua tertarik pada daya tarik MVNO, yang menunjukkan perpindahan ke eSIM untuk mengatasi berbagai masalah. Loic, bisakah Anda berbicara sedikit lebih banyak โ saya tahu Anda sudah menyentuhnya โ tetapi dapat menyatukan opsi konektivitas di bawah satu atap harus menjadi keuntungan. Bisakah Anda berbicara sedikit tentang itu?
Loic Bonvarlet 31:54
Ya, konsolidasi yang mulai kita lihat benar-benar di pasar, juga, karena tekanan harga dan platform kepemilikan, benar, ada keinginan yang sangat kuat dari semua diskusi yang mungkin saya lakukan dengan MVNO, untuk benar-benar, Anda tahu, agregat, menyederhanakan platform mereka, dan mencoba untuk mengambil pendekatan yang lebih standar. Padahal sebelumnya, mereka cenderung, misalnya, mengembangkan applet multi IMSI homegrown dan menerapkan sistem dan mengembangkan semua in-house yang bagus dan berfungsi. Tapi itu mungkin belum tentu beroperasi pada titik biaya yang mereka butuhkan untuk menangani LPWAN secara khusus. Jadi, saya pikir itu, itu benar-benar salah satu item. Masih ada beberapa kesulitan di sekitar, Anda tahu, kompatibilitas RSP dan LPWAN, saya harus mengatakan, kami membuat langkah di Kigen, untuk mencoba menyederhanakan game ini untuk MVNO, misalnya. Kami memiliki inovasi untuk mengurangi ketergantungan terhadap SMS di M2M RSP. Sementara tetap dalam spesifikasi, dan saya benar-benar dapat menindaklanjuti dengan pihak yang berkepentingan tentang itu, kami memiliki teknologi yang dipatenkan untuk itu. Mencoba untuk mengatasi masalah kehidupan nyata, benar. Dan juga pada akhirnya, saya akan mengatakan dari sudut pandang OEM secara efektif, saya tidak berpikir mereka tidak peduli jika itu adalah M2M atau RSP konsumen. Ini tentang memecahkan masalah mereka, bukan? Dan mengambil pandangan pragmatis yang nyata untuk mengatakan, saya memiliki kendala penyebaran ini pada awalnya ke negara-negara tersebut, apakah kita memiliki titik harga untuk konektivitas di negara ini? Dan kemudian saya perlu memperluas di negara ini dengan profil lokal, karena ada kendala peraturan atas hak-hak mereka, dan untuk menyesuaikan campuran solusi. Mungkin multi IMSI, mungkin beberapa OTA, mungkin beberapa RSP untuk benar-benar memberikan sesuatu yang masuk akal kepada pelanggan akhir. Namun pada akhirnya, langkah di luar apa yang diberikan RSP memberikan lapangan permainan yang setara bagi MVNO untuk mengandalkan teknologi serupa untuk menggabungkan jejak mereka.
Jeremy Cowan 34:14
Kami kekurangan waktu. Jadi tuan-tuan, saya hanya akan bertanya kepada Anda berdua apakah Anda mau memberi saya pesan kunci 30 detik yang menurut Anda mungkin diambil orang dari Obrolan Fireside kami. Matt, Anda pertama, apa yang Anda ingin pendengar menyerap dari ini?
Matt Hatton 34:31
Saya pikir eSIM adalahโฆ dan iSIM yang harus diikuti, pasti merupakan bagian dari campuran IoT. Mereka penting untuk penyederhanaan rantai pasokan, untuk mengurangi biaya, mengurangi konsumsi daya, untuk secara umum dapat mendukung ambisi penyebaran konektivitas IoT global. Dan saya pikir itu bukan pertanyaan jika tetapi ketika itu menjadi default. Pertanyaannya masih untuk menyelesaikan beberapa masalah komersial dan operasional yang ada di sekitar itu. Dan saya akan mendorong semua orang untuk sedikit memusatkan perhatian pada hal itu.
Jeremy Cowan 35:19
Yah, semoga mereka bisa melihat laporan dan laporan benchmark CSP Anda saat itu keluar. Kapan itu?
Matt Hatton 35:28
Itu akan keluar pada 28 Oktober.
Jeremy Cowan 35:32
Dan mereka dapat melihatnya di situs Anda, yaitu โฆ
Matt Hatton 35:35
transformainsights.com
Jeremy Cowan 35:36
Hebat, Transforma dengan A bukan. Loic, apa yang Anda ingin orang ambil dari diskusi kita hari ini?
Loic Bonvarlet 35:45
Ya, jadi saya akan mengatakan bahwa pertama mungkin integrasi adalah lintasan sejarah, kan. Integrasi dalam IC aman dalam industri chip hanyalah evolusi alami untuk memberikan kinerja yang lebih baik, daya yang lebih rendah. Dan, jadi Kigen adalah pendukung ketat dari perubahan itu dan gangguan itu di ruang seluler, benar, dan salah satu moto utama saya, sebagai produk Kigan, benar-benar menyederhanakan, sekali lagi, untuk dapat mengurangi biaya poin untuk rantai, untuk menyebarkan dan membuat lebih banyak orang mencoba beralih ke seluler, bukan? Tidak semua orang akan sukses bukan? Anda masih memiliki, pada awalnya, untuk memastikan Anda memiliki kasus bisnis, kasus bisnis Anda, bukan hanya saya ingin terhubung, karena Anda akan keluar jalur dengan sangat cepat, benar. Anda harus memiliki proposisi nilai ROI yang jelas untuk layanan Anda. Tetapi ketika Anda memilikinya, kemudian membuatnya lebih mudah untuk mengakses keamanan, menerapkan keamanan dari awal, pendekatan desain yang aman, pendekatan chip ke cloud, bekerja dengan hyper scaler, maka kita dapat memiliki banyak perusahaan yang akan mencoba. Dan itu untuk kepentingan, Anda tahu, layanan yang diberikan kepada publik yang lebih luas, keamanan secara default, dan lebih banyak kepercayaan pada perangkat yang kita gunakan setiap hari. Benar. Dan itu bagi saya juga merupakan tujuan utama untuk mengaktifkan kepercayaan itu secara default, daripada saya harus pergi dan menggunakan layanan ini. Jadi ya, itu yang akan saya sampaikan pesan saya untuk hari ini
Jeremy Cowan 37:20
Ini ringkasan yang bagus. Nah, jika ada orang lain yang menginginkan ringkasan lebih lanjut, lihat laporan kami, yang seperti yang saya katakan, ada di TrendingTech.io . Dan ada laporan gratis setebal 18 halaman, yang menampilkan Kigen dan Transforma dan banyak pakar lainnya. Tuan-tuan, hanya itu yang kita punya waktu. Saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih telah menghabiskan waktu dengan pendengar kami, Matt, senang memiliki Anda di sini.
Matt Hatton 37:43
Terima kasih, Jeremy. Dengan senang hati.
Jeremy Cowan 37:45
Loic, kami sangat menghargai semua keahlian Anda.
Loic Bonvarlet 37:47
Terima kasih banyak, jeremy. Senang berdiskusi dengan Anda berdua hari ini.
Jeremy Cowan 37:51
Bagus, sudah. Sebelum kita pergi, izinkan saya mengatakan bahwa kami memiliki beberapa podcast hebat lainnya di dalam pipa. Jadi, awasi mereka dengan mem-bookmark IoT-Now.com untuk berita dan fitur IoT global terbaru. Dan segera bergabung dengan kami untuk podcast Trending Tech berikutnya. Selamat tinggal untuk sekarang.
Sumber: https://www.iot-now.com/2021/11/03/115268-will-e-sim-enable-iot-security-at-scale/
- 2020
- 2021
- mengakses
- Akun
- perolehan
- aktif
- Adopsi
- nasihat
- AI
- Semua
- antara
- marah
- Aplikasi
- APT
- arsitektur
- DAERAH
- ARM
- sekitar
- AT & T
- Otentikasi
- mobil
- otomotif
- AWS
- Biru langit
- Back-end
- pembakaran
- baterai
- patokan
- TERBAIK
- MINUMAN
- penagihan
- Bit
- pelanggaran
- ikat
- bisnis
- bisnis
- membeli
- Pembelian
- panggilan
- yang
- Lowongan Kerja
- kasus
- gulat
- perubahan
- saluran
- biaya
- Tiongkok
- keping
- Keripik
- kota
- lebih dekat
- awan
- Co-founder
- Tanaman
- kedatangan
- komentar
- komersial
- Komunikasi
- komunikasi
- Perusahaan
- perusahaan
- komputasi
- Perangkat yang terhubung
- koneksi
- Konektivitas
- konsolidasi
- konsultasi
- konsumen
- konsumsi
- terus
- Percakapan
- percakapan
- Biaya
- negara
- sepasang
- pelanggan
- data
- hari
- mengantarkan
- Mendesain
- mengembangkan
- Pengembang
- pengembang
- Pengembangan
- Devices
- digital
- Transformasi digital
- Gangguan
- Buruh pelabuhan
- Dolar
- pengemudi
- Awal
- tahap awal
- ekosistem
- Tepi
- komputasi tepi
- Rumit
- Teknik
- lingkungan
- dll
- Eropa
- evolusi
- Pasar Valas
- Lihat lebih lanjut
- pengalaman
- ahli
- mata
- adil
- Fitur
- akhir
- Chat fireside
- Perusahaan
- Pertama
- cocok
- ARMADA KAPAL
- manajemen armada
- Fokus
- mengikuti
- bentuk
- format
- Kerangka
- Gratis
- Kebebasan
- segar
- penuh
- lucu
- masa depan
- permainan
- Umum
- Pemberian
- Aksi
- baik
- besar
- Tumbuh
- Pertumbuhan
- Perangkat keras
- di sini
- High
- sejarah
- buatan sendiri
- Rumah
- Seterpercayaapakah Olymp Trade? Kesimpulan
- HTTPS
- besar
- ide
- mengenali
- Dampak
- Termasuk
- Meningkatkan
- industri
- industri
- Prakarsa
- Innovation
- wawasan
- integrasi
- kekayaan intelektual
- Internet
- internet hal-hal
- investigasi
- investasi
- idiot
- IP
- ISP
- masalah
- IT
- ikut
- melompat
- pemeliharaan
- kunci
- kunci-kunci
- pengetahuan
- besar
- Terbaru
- Tingkat
- Listening
- memuat
- lokal
- lokal
- tempat
- Panjang
- utama
- pembuat
- Membuat
- pengelolaan
- Pabrikan
- pabrik
- Pasar
- Marketing
- pasar
- Misi
- ML
- mobil
- telepon genggam
- model
- uang
- pindah
- bersih
- jaringan
- jaringan
- berita
- Perawatan
- menawarkan
- menawarkan
- Oke
- Onboarding
- secara online
- membuka
- operasi
- Operasi
- Peluang
- Kesempatan
- Opsi
- urutan
- Lainnya
- Lainnya
- pasangan
- Konsultan Ahli
- prestasi
- gambar
- plastik
- Platform
- Platform
- pemain
- podcast
- Podcast
- portofolio
- kekuasaan
- presiden
- tekanan
- harga pompa cor beton mini
- di harga
- swasta
- Produk
- Produk
- profesional
- Profil
- profil
- proyek
- milik
- melindungi
- publik
- jarak
- realitas
- Kenyataan
- menurunkan
- regulator
- Hubungan
- melaporkan
- laporan
- penelitian
- penelitian dan pengembangan
- eceran
- pendapatan
- Rute
- berjalan
- aman
- penjualan
- Skala
- Sektor
- keamanan
- melihat
- menjual
- rasa
- Layanan
- set
- pengaturan
- Share
- Pendek
- YA
- Sederhana
- Situs
- Ukuran
- kecil
- pintar
- Pintar Kota
- SMS
- So
- Perangkat lunak
- Solusi
- Space
- menghabiskan
- Pengeluaran
- mensponsori
- Spot
- spionase
- Tahap
- awal
- mulai
- toko
- berlangganan
- sukses
- sukses
- pemasok
- menyediakan
- supply chain
- mendukung
- Beralih
- sistem
- sistem
- Pembicaraan
- tech
- Teknis
- Teknologi
- Teknologi
- Telco
- Masa depan
- Dunia
- Pikir
- waktu
- TLS
- menyentuh
- jalur
- perdagangan
- Transformasi
- mengangkut
- transportasi
- trending
- Tren
- Kepercayaan
- Uk
- us
- Amerika Serikat
- keperluan
- nilai
- Wakil Presiden
- View
- maya
- vodafone
- webinar
- Situs Web
- Apa itu
- SIAPA
- nirkabel
- dalam
- Kerja
- bekerja
- dunia
- tahun
- tahun
- nol