Jika Anda meletakkan kue di depan sebuah ruangan TK dengan janji “jika Anda tidak memakannya sekarang, Anda akan mendapatkan dua nanti”, kebanyakan memakan kue tersebut. Sementara anak-anak ini belum tentu bertindak rasional, apa yang mereka lakukan adalah mengatakan bahwa mereka lebih suka mengurangi kegembiraan sekarang daripada lebih banyak kegembiraan di masa depan.
Itulah inti dari tingkat diskonto. Ini pada dasarnya menetapkan bahwa uang hari ini lebih berharga daripada uang besok, dan kebanyakan orang memahami ini pada tingkat mendasar sebelum orang keuangan datang dan memperumit masalah.
Ketika orang-orang divaksinasi dan penguncian pandemi tampaknya akan pergi selamanya, ekonomi di seluruh dunia memanas dan inflasi telah mencapai level tertinggi baru-baru ini. Pada 4%, tanpa apa pun, sudah $100 hari ini bernilai $96 tahun depan. Ini adalah perkiraan pertama dari tingkat diskonto.
Tapi bukan itu saja, jika Anda bisa mendapatkan 1% bebas risiko dari uang itu dengan membeli beberapa obligasi pemerintah, maka perbedaannya semakin besar. Jika kita menambahkan biaya peluang, yaitu jumlah uang yang dapat Anda peroleh dari uang itu, maka tingkat diskonto tumbuh lebih tinggi lagi. Akhirnya, kita perlu memikirkan risiko dan memasukkannya ke sana juga.
Semua faktor ini digunakan untuk menciptakan tingkat diskonto yang wajar untuk perencanaan keuangan perusahaan.
Baremetrik adalah alat metrik bisnis yang menyediakan 26 metrik tentang bisnis Anda, seperti MRR, ARR, LTV, total pelanggan, dan banyak lagi.
Baremetrik terintegrasi langsung dengan gateway pembayaran Anda, sehingga informasi tentang pelanggan Anda secara otomatis disalurkan ke Dasbor Baremetrics.
Anda harus mendaftar untuk Uji coba gratis Baremetrics, dan mulai pantau pendapatan langganan Anda secara akurat dan mudah.
Biaya modal vs. tingkat diskonto
Sebelum kita masuk ke tingkat diskonto, penting untuk dicatat bahwa tingkat diskonto dan biaya modal sering digunakan secara bergantian. Sementara tingkat diskonto dan biaya modal adalah konsep yang serupa dan terkait, ada beberapa perbedaan utama. Memahami keduanya diperlukan untuk meningkatkan tata kelola keuangan perusahaan Anda.
Nilai diskon
Tingkat diskonto digunakan untuk menentukan nilai sekarang dari arus kas masa depan. Tingkat diskonto memungkinkan perusahaan untuk menghitung berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh dari suatu proyek dari waktu ke waktu, direpresentasikan sebagai NPV (nilai sekarang bersih). Karena perusahaan ada untuk mendapatkan keuntungan, mereka perlu memahami profitabilitas yang diharapkan dari keputusan multi-tahun.
Perusahaan mendasarkan tingkat diskonto mereka pada serangkaian asumsi yang masuk akal dengan mempertimbangkan tingkat inflasi, tingkat risiko, dan biaya peluang dari keputusan mereka.
Biaya modal
Biaya modal adalah pengembalian yang diminta perusahaan. Karena pemberi pinjaman dan investor masing-masing mengharapkan untuk dibayar kembali dan memperoleh keuntungan, perusahaan perlu memastikan bahwa setiap pengeluaran modal baru dapat menghasilkan pengembalian minimum yang diperlukan untuk menyenangkan bank dan juga pemilik.
Mengapa kita diskon?
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, itulah sebabnya di seluruh dunia ada pepatah seperti "burung di tangan bernilai dua di semak-semak" atau "jangan hitung ayam Anda sebelum mereka menetas". Kita tidak cukup tahu tentang masa depan untuk merasakan jaminan apa pun bahwa kita akan berada di sana untuk menikmatinya.
Inilah sebabnya mengapa kita lebih menghargai hal-hal yang kita miliki sekarang daripada hal-hal yang dijanjikan untuk kita miliki di masa depan.
Pada gilirannya, inilah mengapa menghitung risiko dan mendiskontokan berdasarkan risiko itu penting. Katakanlah Anda memiliki opsi untuk mendapatkan bayaran $100 hari ini atau melempar koin untuk berpotensi memenangkan $200. Maukah kau melakukannya? Kebanyakan orang mungkin tidak akan melakukannya karena lemparan koin memiliki nilai yang diharapkan sebesar $200/2, atau $100, jadi mengambil opsi bebas risiko akan lebih logis. Tapi berapa banyak lagi yang dibutuhkan untuk meyakinkan Anda? Banyak dari ini tergantung pada individu, tetapi jika itu, misalnya, $220, maka premi risiko yang Anda harapkan adalah 10%.
Di luar risiko, ada biaya peluang. Biaya peluang pada dasarnya adalah nilai dari keputusan terbaik yang tidak dibuat. Misalnya, katakanlah Anda menjual $1000 dari S&P 500 ETF Anda dan menggunakannya selama setahun untuk memulai bisnis. Jika ETF itu naik 30% selama tahun itu, maka biaya peluangnya adalah $300 karena $300 adalah uang yang akan Anda peroleh dari keputusan yang tidak dibuat.
Meskipun memulai bisnis adalah aktivitas berisiko tinggi, bisnis biasanya dijalankan untuk meminimalkan risikonya. Dalam hal ini, memilih tingkat diskonto untuk mengukur nilai proyek Anda adalah cara yang masuk akal untuk mempertahankan pendekatan konservatif terhadap bisnis.
Tingkat diskon di SaaS
Jadi bagaimana Anda bisa menggunakan tingkat diskonto dalam bisnis SaaS Anda? Satu situasi yang jelas adalah saat menghitung nilai umur pelanggan (LTV) Anda. LTV dihitung sebagai pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) dikalikan rata-rata umur pelanggan (ACL).
Misalnya, jika ARPU Anda adalah $200/tahun dan ACL adalah 2 tahun, maka LTV Anda adalah $200 × 2 = $400. Ini adalah perhitungan yang cukup standar, tetapi juga sepenuhnya salah. Ini mengabaikan nilai apa yang bisa Anda dapatkan dari uang sementara itu serta risiko yang terkait dengan mendapatkan uang itu tahun depan.
Sementara kita akan melalui beberapa cara yang lebih praktis dan logis untuk membangun tingkat diskonto di bawah ini, demi contoh sederhana ini, mari kita asumsikan Anda telah memutuskan tingkat diskonto 20%. Dalam hal ini, tahun kedua tidak menambahkan $200 ke LTV Anda tetapi hanya $160, membuat LTV Anda jauh lebih rendah $360.
Mengapa ini penting? Dua hal yang langsung terlintas dalam pikiran: Pertama, perusahaan SaaS memiliki struktur pengeluaran yang dibangun dengan baik CAC (biaya akuisisi pelanggan). Kedua, perusahaan SaaS, di luar CAC mereka, memiliki biaya layanan rata-rata (ACS) yang sangat dibebani oleh biaya R&D yang besar untuk membangun, menguji, dan membangun kembali platform mereka. (PS: Jika semua akronim ini sampai ke Anda, lihat artikel kami di Metrik keuangan SaaS!)
Kedua poin ini mengarah pada masalah yang sama: Anda menghabiskan sebagian besar uang Anda hari ini dan menghasilkan sebagian besar uang Anda besok. Jika CAC + ACS Anda selama dua tahun tersebut berjumlah $100, maka tingkat diskonto mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi jika $380, maka itulah perbedaan antara menghasilkan uang di atas kertas dan menghasilkan uang dalam kenyataan. Lagi pula, jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan menyimpan uang di bank dan tidur siang, maka bisnis Anda dalam masalah.
Baremetrik menyediakan dasbor yang mudah dibaca yang memberi Anda semua metrik utama untuk bisnis Anda, termasuk MRR, ARR, LTV, total pelanggan, dan lainnya langsung di dasbor Baremetrics Anda. Lihat saja akun demo ini di sini.
Namun Anda memutuskan untuk mendiskon arus pendapatan di masa mendatang, dan seberapa banyak, hubungkan Baremetrics ke sumber pendapatan Anda, dan mulai melihat semua pendapatan Anda di dasbor sebening kristal.
Mendaftar untuk Uji coba gratis Baremetrics dan mulai melihat lebih banyak pendapatan langganan Anda sekarang.
Bagan tingkat diskon
Untuk memberi Anda gambaran tentang perbedaan tingkat diskonto, lihat grafik di bawah ini. Sementara perusahaan cenderung memilih tingkat diskonto yang lebih tinggi ketika menentukan tingkat rintangan mereka, bahkan tingkat diskonto 5% membuat uang 50 tahun ke depan pada dasarnya tidak berharga saat ini.
Bagaimana tingkat diskonto dapat digunakan?
Tingkat diskonto pada dasarnya digunakan untuk memberi tahu Anda dua hal: nilai sekarang bersih (NPV) dan arus kas yang didiskontokan (DCF).
NPV pada dasarnya adalah nilai hari ini dari semua pendapatan Anda di masa depan dikurangi semua pengeluaran Anda di masa depan. Ini dapat dihitung untuk seluruh perusahaan Anda, seluruh rencana layanan, atau untuk setiap pelanggan.
Sementara kebanyakan orang tahu tentang mereka arus kas, hanya sedikit yang menghargai DCF mereka. Seperti di atas, ketika arus keluar terjadi sebelum pendapatan mengalir masuk, waktu dan ukuran arus itu penting. Fakta bahwa uang keluar terlebih dahulu memperbesar dampaknya terhadap perusahaan Anda dan berarti aliran pendapatan Anda perlu menjadi lebih besar dan lebih konsisten untuk menjaga kesehatan perusahaan Anda.
Tingkat diskonto juga dapat digunakan untuk memperhitungkan nilai waktu uang secara umum, membandingkan investasi yang sebaliknya terlalu berbeda untuk perbandingan yang mudah, atau menghitung risiko investasi.
Jenis tarif diskon
Dalam keuangan perusahaan, tingkat diskonto biasanya turun ke salah satu dari angka berikut:
-
Biaya modal rata-rata tertimbang (WACC) digunakan untuk menghitung nilai perusahaan dari suatu perusahaan.
-
Tingkat rintangan adalah nilai yang ditentukan manajemen yang menunjukkan pengembalian minimum atas investasi yang diperlukan untuk proyek modal internal.
-
Biaya ekuitas digunakan untuk menghitung nilai perusahaan.
-
Biaya hutang digunakan untuk menghitung nilai obligasi.
-
Tingkat bebas risiko digunakan untuk memperhitungkan nilai waktu dari uang saja.
Baremetrik memantau pendapatan berlangganan untuk bisnis yang mendatangkan pendapatan melalui layanan berbasis langganan. Baremetrics dapat berintegrasi langsung dengan gateway pembayaran Anda, seperti Stripe, dan menarik informasi tentang pelanggan Anda dan perilaku mereka ke dalam dasbor sebening kristal.
Baremetrics memberi Anda metrik, dunning, alat keterlibatan, dan wawasan pelanggan. Beberapa hal yang dipantau Baremetrics adalah MRR, ARR, LTV, jumlah pelanggan, total pengeluaran, rasio cepat, dan banyak lagi. Semua ini bisa sangat membantu untuk mencari tahu dan meningkatkan NPV Anda.
Mendaftar untuk Uji coba gratis Baremetrics dan mulailah mengelola bisnis langganan Anda dengan benar.
Sumber: https://baremetrics.com/blog/what-is-the-discount-rate-and-what-does-it-mean-for-saas
- Akun
- perolehan
- Akronim
- Semua
- sekitar
- artikel
- Bank
- TERBAIK
- burung
- Obligasi
- Bangunan
- bisnis
- bisnis
- Pembelian
- modal
- Uang tunai
- arus kas
- anak-anak
- Koin
- Perusahaan
- perusahaan
- kue
- keuangan perusahaan
- Perusahaan
- Biaya
- membuat
- pelanggan
- dasbor
- Hutang
- Diskon
- makan
- Enterprise
- keadilan
- ETF
- biaya
- Akhirnya
- keuangan
- keuangan
- Perusahaan
- Pertama
- aliran
- Gratis
- masa depan
- Umum
- pemerintahan
- Pemerintah
- Kesehatan
- Seterpercayaapakah Olymp Trade? Kesimpulan
- HTTPS
- besar
- ide
- Dampak
- inflasi
- informasi
- wawasan
- Investasi
- Investor
- IT
- kunci
- memimpin
- Tingkat
- kuncian
- Panjang
- Membuat
- Metrik
- uang
- pemantauan
- bersih
- nomor
- Kesempatan
- pilihan
- pemilik
- pandemi
- kertas
- pembayaran
- Konsultan Ahli
- perencanaan
- Platform
- Premium
- menyajikan
- Keuntungan
- profitabilitas
- proyek
- memprojeksikan
- R & D
- Tarif
- Kenyataan
- Pengembalian
- pendapatan
- Risiko
- Run
- S&P 500
- SaaS
- Layanan
- set
- Sederhana
- Ukuran
- So
- terjual
- menghabiskan
- awal
- Memulai sebuah bisnis
- garis
- berlangganan
- pengujian
- Masa depan
- Dunia
- waktu
- nilai
- Apa itu
- menang
- dunia
- bernilai
- tahun
- tahun